Membuat Flashdisk Untuk Instal Ulang Komputer

Cara membuat flashdisk untuk instal ulang atau sering di sebut dengan Bootable Flashdisk. Bootable flashdisk ini di gunakan untuk instal ulang sistem operasi Komputer, Laptop atau pun Notebook. Kita bisa menggunakan Flashdisk ini untuk Instal Ulang windows xp, windows 7, windows 8 maupun sistem operasi lainya. Buat yang belum tau sistem operasi silahkan baca Pengertian Sistem Operasi.

Untuk menginstal ulang komputer biasanya menggunakan cd/dvd sistem operasi, dan harga cd nya cukup mahal, terakhir saya tanya ke toko komputer, untuk windows 7 saja harganya sampai 850 ribu . Nah dengan membuat Bootable Flashdisk, kita dapat mengurangi biaya yang harus dikeluarkan, apa lagi kalau anda sudah memiliki Flashdisk, bisa tanpa biaya malah.

Nah buat sahabat Blogsolu yang mungkin membutuhkan tutorial membuat Bootable Flashdisk atau Flashdisk untuk instal ulang, silahkan simak tutorial nya sebagai berikut :

Cara Membuat Bootable Flashdisk Untuk Instal Ulang

Yang dibutuhkan untuk membuat Bootable Fashdisk adalah :
  1. Tentu saja Sebuah Flashdisk
    Ukuran kapasitas flashdisk ditentukan oleh besarnya sistem operasi yang ingin anda gunakan. Pengalaman saya untuk sistem operasi Windows Xp, dengan ukuran flashdisk 2 GB saja sudah cukup.
  2. File ISO sistem operasi (windows xp, windows 7, windows 8 dll )
    File ISO ini bisa anda dapatkan dari cd/dvd sistem operasi, jadi silahkan beli cd nya di toko terdekat hehehe. Itu sih kalo sobat mau :D, Tapi Tenang saja File ISO ini bisa kita dapatkan gratis kok, dengan bantuan mbah google tentunya. Silahkan anda cari di google, Misal : Download ISO Windows XP, atau sistem operasi lain yang ingin sobat pakai.

  3. Software Rufus
    Software ini yang nantinya akan memasukan File Iso tadi ke dalam Flashdisk. Banyak software yang bisa digunakan, tapi saya hanya berhasil dengan menggunakan softtware rufus ini. Silahkan anda menjadi Sahabat Blogsolu dan download Rufus Di sini
Setelah semua bahan Membuat Flashdisk Untuk Instal Ulang Komputer anda miliki, sekarang lakukan langkah-langkah berikut ini :


Ketetangan untuk gambar diatas sesuai dengan nomor yang ada pada gambar :
  1. Pastikan Flashdisk anda sudah terbaca, seperti pada gambar.
  2. Atur seperti pada gambar
  3. File system ganti menjadi NTFS
  4. Klik dan cari dimana anda menyimpan File ISO
  5. Centang seperti pada gambar
  6. Klik start dan tunggu prosesnya sampai selesai.
Gampang kan ?. Pokoknya tinggal ikutin aja seperti gambar diatas, pasti sobat semua akan berhasil Membuat Flashdisk Untuk Instal Ulang Komputer. Proses Membuat Bootable Flashdisk ini memakan waktu cukup lama, kurang lebih sampai 40 menit, tergantung spek komputer sobat, kalo spek nya bagus, ya bakalan lebih cepat prosesnya.

Setelah semua proses diatas berhasil dilakukan, sekarang sobat bisa menggunakan Flashdisk itu untuk keperluan instal ulang Komputer, Laptop maupun Notbook sobat. Tetapi jangan gunakan Flashdisk tersebut untuk menyimpan data lagi, takutnya entar rusak file sistem operasi yang ada pada flashdisk sobat. entar gak bisa dipakai untuk instal ulang lagi deh. Beli yang baru aja lagi flashdisknya.

Semoga bermanfaat buat sobat semua dan Semoga sobat semua berhasil membuat flashdisk untuk instal ulang komputer sobat. bila ada pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar. Jangan lupa untuk me-share artikel ini bila bermanfaat buat sobat.

Bagaimana menurut anda artikel Membuat Flashdisk Untuk Instal Ulang Komputer ini? Bila anda menyukai artikel ini, saya akan sangat senang sekali jika anda bersedia memberikan G +1 ataupun me-Share artikel ini. Dan bila anda ingin mendapatkan artikel terbaru secara Gratis dari blogsolu.com, anda bisa memasukan email anda di bawah ini, dan cek email anda untuk konfirmasi.Terima kasih

3 Responses to "Membuat Flashdisk Untuk Instal Ulang Komputer"

  1. ko ga bisa download rufus nya bang??

    BalasHapus
  2. @irwan bisa kok, ke alamat di bawah ini aja kalo gak bisa
    http://rufus.akeo.ie/downloads/rufus-1.4.12.exe

    BalasHapus
  3. gan ntar serial numbernya di cari sendiri ya gan,,,setelah install ulang,,,maklum newbie gan !!! :D

    BalasHapus