Ayo Cegah Korupsi

Menurut penulis Korupsi itu sendiri adalah sebuah Penyakit, penyakit yang menyerang kejiwaan. Jadi bisa kita katakan seseorang yang melakukan Korupsi berarti dia sedang mengalami “Sakit Jiwa”. Jiwa mereka terganggu karena pengetahuan akan nilai-nila yang kurang.

  • Mengambil Hak orang lain untuk memperkaya diri sendiri,
  • Mengambil keuntungan dari suatu Kebijakan, tanpa memikirkan pihak yang dirugikan.

“Mengapa saya harus memikirkan anda kalau saya diuntungkan ?” Itulah mungkin salah satu mindset atau cara berfikir seorang Koruptor.

Beginilah memang sifat dasar manusia, kita akan menghindari suatuhal yang membuat kita susah atau sengsara, dan  kita akan mengejar suatuhal yang akan membuat kita bahagia dan berkecukupan.

Karna itulah penulis memahami Korupsi sebagai Penyakit Jiwa. Karena bukan manusianya yang salah (fisik), tetapi jiwanyalah yang bermasalah.

Mereka “Pelaku Korupsi” dia tidak memiliki rasa kecintaan terhadap Bangsa dan Negara, tidak memiliki kecintaan terhadap sesama manusia, dan tidak memiliki kecintaan terhadap Tuhan yang maha Esa.
Saya bingung pelaku Korupsi itu cintanya sama siapa.

  • Tuhan melarang Korupsi,
  • Negara melarang Korupsi, dan
  • Manusiapun tidak menyukai Korupsi.

Mungkin cintanya dengan keluarganya mas?
Jawab. Emang keluarganya bukan manusia? Dia akan meninggalkan keluarganya bila sudah didalam penjara. Apa itu namanya cinta dengan keluarga.

Beginilah manusia bila ada penyakit pada jiwanya, Segeralah obati penyakit ini, agar Negeri kita makmur, dan cegahlah penyakit ini agar Negeri kita memiliki generasi yang tidak tergiur dengan korupsi.

1. Langkah Pribadi Mencegah Korupsi

Agar tidak menjadi pribadi yang Korup kita harus memahami tujuan hidup kita, tujuan kita berbangsa dan bernegara, serta memahami arti kecintaan.
Sebelum kita terserang penyakit korupsi ini. Sebaiknya kita mencegahnya dengan :

  • Menumbuhkan rasa takut kepada Tuhan yang maha Esa. Seperti kita ketahui Sila pertama dalam Pancasila yaitu Ketuhanan yang maha Esa. Dengan memehami nilai-nilai agama kita akan terjaga dan terkontrol dari Sifat Dasar Manusia tadi. Yang akan membawa kita menjadi pribadi yang baik, dan tidak tertarik dengan Hak orang lain (Korupsi).
  • Menumbuhkan rasa cinta terhadap Negara, tau akan sejarah perjuangan Pahlawan-pahlawan kita. Dengan begitu kita lebih bisa menyayangi Negara kita, kepedulian akan kesuksesan Negara akan tertanam pada jiwa kita. Bila sudah memiliki rasa peduli, (kepedulian terhadap Negara maupun Warga Negaranya) tentu kita akan sangat merasa bersalah bila kita mendekati prilaku yang akan merugikan Negara maupun Warga Negara.

Jadilah pribadi yang mentaati praturan Tuhan dan juga Negara, dengan begitu kita akan menjadi pribadi yang takut akan perbuatan yang menyalahi aturan, seperti Korupsi. Itulah langkah pribadi yang bisa kita lakukan untuk mencegah Korupsi. Lalu bagaimana langkah Instansi/Lembaga/Organisasi untuk melakukan pencegahan Korupsi, ayo mari kita bahas.

2.Langkah Instansi / Lembaga / Organisasi untuk mencegah Korupsi

Sebuah Instansi / Lembaga / Organisasi tentu memiliki peran penting untuk dapat melakukan pencegahan korupsi. Dengan memberikan pendidikan jiwa yang benar, mensosialisasikan dampak-dampak dari Korupsi, Dari segi agama maupun bernegara.

Sebuah Lembaga janganlah hanya terfokus untuk mencari pelaku-pelaku Korupsi saja. Atau bisa juga dikatakan, jangan hanya terfokus mengobati penyakitnya saja. Kita harus melakukan pencegahan agar dikemudian hari bangsa kita paham bahwa tindakan Korupsi itu, akan membawa dampak yang sangat buruk bagi kehidupan pribadi sendiri maupun orang lain.

Paham sepaham-pahamnya bukan hanya paham yang biasa saja. Karena kita tau semua orang di dunia ini khususnya Indonesia, mereka semua paham kalau Korupsi itu adalah prilaku yang salah. Bahkan seorang Koruptorpun bisa saja menyalahkan Koruptor lainnya.

Maka dari itu sebuah Instansi/Lembaga/Organisasi harus bisa memberikan pendidikan yang mendalam, bukan hanya memberikan pengertian saja. Dengan memberikan pemahaman dan pengetahuan akan Ketuhanan yang maha Esa, Kecintaan terhadap Negara, dan Kepedulian terhadap sesama Manusia, akan sangat berpengaruh terhadap pencegahan Korupsi.

Dengan Artikel ini penulis ingin mengajak kepada semua orang untuk melakukan pencegahan Korupsi. Semoga Artikel ini bermanfaat.

Tulisan ini diikitsertakan dalam lomba Hari Anti Korupsi Internasional yang diselengarakan  KPK dan Blogger Bertuah Pekanbaru


Bagaimana menurut anda artikel Ayo Cegah Korupsi ini? Bila anda menyukai artikel ini, saya akan sangat senang sekali jika anda bersedia memberikan G +1 ataupun me-Share artikel ini. Dan bila anda ingin mendapatkan artikel terbaru secara Gratis dari blogsolu.com, anda bisa memasukan email anda di bawah ini, dan cek email anda untuk konfirmasi.Terima kasih

1 Response to "Ayo Cegah Korupsi"