Pemakai Baru WordPress? Perhatikan 5 Tips Ini Agar Blogmu Semakin Keren!

Meski terlihat mudah, membuat blog, apalagi WordPress, sebenarnya tidak sesederhana yang kita pikirkan. Itulah kenapa kita perlu memperlajari cara-cara membuat blog dengan baik, khususnya bagi para penyuka platform WordPress. Oleh karenanya, kami akan menuntun kamu membuat blog di WordPress secara bertahap. Penasaran? Yuk, simak artikelnya!

Cara membuat blog wordpress

Membuat Blog di WordPress

1. Install WordPress di Paket Hosting yang telah Kamu Beli

Layanan hosting biasanya telah dilengkapi dengan installer otomatis, baik melalui cPanel atau dashboard hosting utama. Artinya, kita tidak perlu repot-repot mengunduh atau mengunggah sendiri aplikasi yang kita inginkan. Terdapat berbagai cara yang dapat kamu coba, tetapi sebenarnya langkah dasarnya sama saja.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah masuk ke dashboard cPanel, lalu buka menu Website > Auto Installer. Gunakan kolom pencarian untuk menemukan kata kunci WordPress. Bisa juga dengan menekan tombol kombinasi CTRL + F agar lebih mudah melakukan pencarian. Setelah itu, kamu tinggal meng-install aplikasi yang telah tersedia tersebut. Langkah-langkah berikutnya juga sangat mudah, kamu hanya perlu mengisi data-data yang telah diminta oleh dashboard cPanel. Atau kamu juga bisa simak tutorial lengkapnya disini.

2. Pilih Tema WordPress

Menggunakan tema yang menarik merupakan hal yang sangat penting dalam pembuatan blog. Sebab, tema inilah yang akan menentukan karakteristik pengunjungmu. Semakin bagus, maka pengunjung akan semakin berlama-lama di situsmu.

Untuk memperoleh tema yang kamu inginkan, kamu bisa membuka dashboard WordPress lewat situsmu.com/wp-admin, masukkan username dan password, lalu kamu bisa memilih Appearance > Themes > Add New. Pada menu tersebut, kamu bisa memilih berbagai macam tema yang telah disediakan oleh WordPress dan semuanya gratis! Menarik, bukan?
Tidak hanya bisa memilih, kamu juga bisa mengunggah sendiri tema WordPress-mu dengan fitur Upload Theme yang ada pada layar Add Themes. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memasukkan file .zip dari tema yang kamu punya, kemudian tekan tombol Activate untuk mengaktifkan penggunaan tema.

Tema juga dapat kamu modifikasi sendiri sesuai dengan keinginanmu. Misalnya, kamu ingin mengubah font tema menjadi lebih gaul dan kekinian, kamu tentu saja bisa mengubahnya di menu Customize yang biasanya terdapat di setiap tema yang telah kita install.

3. Install Plugin yang Diperlukan

Terdapat beberapa plugin yang harus di-install untuk meningkatkan kemampuan WordPress. Tenang saja, karena sebagian besar plugin bersifat open source atau gratis. Contohnya seperti Jetpack, Yoast SEO, Google Analytics Dashboard for WP, Akismet, Wordfence Security, dan Updraft Plus. Plugin-plugin ini diperlukan untuk melakukan analisis terhadap website maupun tambahan keamanan dari spam dan virus.

Sama seperti memasang tema, kamu bisa memulai proses instalasi plugin dengan cara mengunjungi menu Plugins > Add New yang ada pada dashboard WordPress. Cari nama plugin yang kamu inginkan. Setelah kamu berhasil menemukan plugin yang kamu inginkan, ketik tombol Install Now., kemudian klik Activate untuk mengaktifkan plugin yang telah di-install.

4. Tak Ada Kesan Tanpa Postingan

Tidak ada gunanya kita membuat blog jika tidak diisi apa-apa. Oleh karenanya, kamu perlu mengisi blog atau website-mu dengan konten yang menarik.

Untuk membuat postingan baru, klik Post > Add New yang ada pada dashboard WordPress. Isi kolom Title untuk menambahkan judul postingan, serta Add Media untuk menambahkan foto, video, atau media yang lain. Jangan lupa klik Insert to Post untuk memastikan bahwa foto atau video telah dimasukkan ke postinganmu.

Kamu juga dapat mengubah meta description untuk setiap postingan melalui menu Edit Snippet apabila telah memasang plugin Yoast SEO sebelumnya. Meta bisa dikatakan sebagai sinopsis singkat dari tulisan maupun konten yang akan kita angkat, sehingga bisa lebih mudah terlacak oleh mesin pencarian.

Setelah selesai membuat postingan, terdapat menu Preview yang dapat digunakan untuk melihat bagaimana tampilan postinganmu nantinya. Jika sudah yakin tidak terdapat kesalahan, klik Publish untuk menerbitkan postinganmu. Namun, jika kamu ingin menerbitkannya di lain waktu, kamu dapat menggunakan fitur Save Draft.

5. SEO

Selain mengisi blog WordPress-mu, kamu juga perlu memperhatikan cara untuk mempromosikan situsmu agar semakin banyak dikunjungi. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan plugin yang bernama Yoast SEO untuk membuat blog kita semakin mudah terlacak oleh mesin pencari. Selain itu, kamu juga bisa memasang plugin social yang dapat memudahkanmu membagikan konten blog tanpa harus copy-paste URL ke laman media sosialmu. Selanjutnya Baca juga Tips memperbanyak pembaca blog.

Bagaimana menurut anda artikel Pemakai Baru WordPress? Perhatikan 5 Tips Ini Agar Blogmu Semakin Keren! ini? Bila anda menyukai artikel ini, saya akan sangat senang sekali jika anda bersedia memberikan G +1 ataupun me-Share artikel ini. Dan bila anda ingin mendapatkan artikel terbaru secara Gratis dari blogsolu.com, anda bisa memasukan email anda di bawah ini, dan cek email anda untuk konfirmasi.Terima kasih

0 Response to "Pemakai Baru WordPress? Perhatikan 5 Tips Ini Agar Blogmu Semakin Keren!"

Posting Komentar